Sabtu, 27 Juli 2013

Kewajiban Manusia di Dunia

Terima kasih atas kunjungan anda, sedikit renungan buat kita sebagai makhuluk pilihan Tuhan yang senantiasa menjadi khalifah di muka bumi ini

1. Kewajiban sebagai manusia

Seiring dengan majunya jaman, makin canggihnya dunia teknologi dan komunikasi, perkembangan eraglobalisasi yang semakin hari semakin menghimpit roda kehidupan dari zaman ke zaman, hal ini sedikit meruntuhkan nilai-nilai keimanan, perzinahan merajalela, korupsi dimnana-mana. Kembali kepada pokok, bahwa kita sebagai manusia hidup di dunia sesungguhnya memiliki kewajiban yang tidak bisa di pungkiri. Apa kewjiban kita selaku manusia hidup di dunia? Lihat di suatu keterangan, bahwa “Allah tidak akan menciptakan jin dan manusia kecuali untuk neribadah kepadanya”. Jadi jelas tugas kita yang paling utama dalam kehidupan di alam fana ini adalah untuk beribadah kepada-Nya.
ibadah adalah mengerjakan suatu pekerjaan yang pekerjaan tersebut luyu dan skenarionya menghasilkan selamatnya dunia dan akhirat. Jika kita berfikir kritis, ternyata bukan hanya shalat dan mengaji saja ibadah tersebut, namun sebagai contoh, menyembrangkan orang di jalan pun itu merupakan suatu peklerjaan yang disebut ibadah. Namun tentu saja semua itu harus dilandasi dengan hati yang ikhlas karena Allah.

2. Kewajiban manusia sebagai khlaifah

Ingat, kita adalah manusia, manusia adalah makhuluk yang diberi akal fikiran dan hati nirani, sedamngkan semua manusia yang ada di jagat raya ini adalah khalifah, khalifah adalah pemimpin, dalam arti dia adalah pemimpin dirinya sendiri, sebelum meminfin anak dan istrinya, yaitu meminpin tangan, mata, kaki, telinga dan sekujur tubuh yang ada dalam dirinya.  Manusia beda dengan binatang, perbedaan tersebut di lihat dari segi hati nurani, jika manusia menggunakan haknya yaitu akal dan fikiran tersebut, maka dia disebut manusia, tapi jika hak tersebut tidak digunakan, maka derajat manusia lebih rendah dari binatang (di hadapan Allah).

3. Kewajiban manusia sebagai umat islam

Di jaman sekarang, banyak yang menggunakan nama islam sebagai formalitas, yang padahal mereka ingin menghancurkan nama islam, sedangkan dalam suatu keterangan, kewajiban umat islam adalah saling menyelamatkan dengan tangan dan lisan. Jadi kewajiban umat islam dalam dunia ini adalah saling menyelamatkan antar sesamanya.
Oleh karena itu, kepada umat islam sedunia, mari kita kembali pada Al-Quran, Undang undang islam yang paling dasar dan komplit adalah Al-Quran, janganlah kau mendustainya. Mengapa? karena suatu saat kita akan di panggil oleh sang maha pencipta untuk mempertanggung jawabkan semua amal dan perbuatan selama hidup di dunia.

0 komentar:

Posting Komentar