Minggu, 12 April 2015

Bahaya Penyakit HIV/AIDS

Dalam artikel kali ini saya akan menjelaskan tentang beberapa Bahaya Penyakit HIV/AIDS dan apa sebenarnya HIV itu.

Bahaya Penyakit HIV/AIDS

Kalangan masyarakat menyebut penyakit ini dengan sebutan HIV, padahal HIV adalah nama virus yang menyebabkan penyakit AIDS, artinya adalah HIV bukanlah nama penyakit melainkan nama virus penyebab penyakit, dan penyakit AIDS inilah yang disebabkan oleh regenerasi virus HIV. 

Rekasi HIV Dalam Tubuh

Virus ini merupakan virus terganas setelah virus ebola karena terjangkit virus ini beberapa kasus menunjukan banyak yang berujung pada kematian. Virus ini menyerang antibody atau sistem kekebalan dalam tubuh, antibody adalah sistem kekebalan tubuh yang berfungsi untuk menangkap dan memberantas semua racun dalam tubuh, baik itu virus, bakteri maupun kuman. Jika sistem kekebalan tubuh sudah ada yang menyerang dan terkalahkan oleh virus maka tubuh kita akan menjadi sarang bakteri dan sampai saat ini rusaknya sistem kekebalan tubuh belum ada obatnya.

Penularan HIV / AIDS

Penyakit ini sangat mudah menular dan lambat laun memang tidak  terdeteksi adanya penyakit ini tetapi setelah 5 bulan maka baru akan diketahui jika sesaorang terkena penyakit ini. Penularan penyakit ini dapat ditularkan melalui hubungan seks, yaitu tetesan air mani atau sperma yang terjangkit virus hiv akan mudah menular. Jarum suntik yang bergantian, jarum suntik meruapakan salah satu alat yang biasa digunakan untuk menyembuhkan penyakit, tetapi jika jarum suntik ini sudah disuntika kepada penderita HIV maka akan sangat mudah menular ke pasien berikutnya. Penyakit HIV juga bisa disebabkan karena Narkoba. Oleh karena itu kehidupan harmonis baik antar keluarga maupun tetangga perlu dibina agar tidak terjerumus ke hal narkoba.

Gejala HIV

Gejala penyakit ini pertama penderita kelihatan seperti orang sehat biasa, lambat laun akan terserang penyakit demam, berat badan menurun, dan menjadi kurus. Setelah mengalami penyakit yang ringan maka selanjutnya akan datang penyakit yang berat seperti TBC, Paru-Paru, dan penyakit komplikasi lainnya, maka setelah itu baru akan terdeteksi bahwa itu merupakan gejala penyakit HIV.

Penanggulangan atau Pencegahan

Penyakit HIV ini bisa dicegah dengan cara hidup sehat, hilangkan kebiasaan menggunakan narkoba, hilangkan kebiasaan menggunakan alat kesehatan berbarengan dan sedikit demi sedikit hindari rokok dan tingkatkan  keharmonisan hidu berkeluarga dan bertetangga.
Demikian informasi Bahaya Penyakit HIV/AIDS semoga bermanfaat bagi anda dan orang-orang disekitar anda.

0 komentar:

Posting Komentar