Kamis, 11 Desember 2014

Evaluasi

Evaluasi 
5 W + 1 H Bagian yang tak terpisahkan dalam Evaluasi

Evaluasi => Di hari pertama saya menjejakan kaki dan dan duduk di bangku kuliah langsung mendapatkan pelajaran yang sangat berkesan, yaitu tentang Sistem Pengelolaan Pembelajaran dengan materi Evaluasi. Yang akan saya masukan ke dalam postingan ini adalah tentang tugas yang diberikan ke saya waktu itu oleh Dosen. Tugas tersebut adalah sebagai berikut.
1. Apa yang dimaksud dengan evaalusi?
2. Apakah sama evaluasi dengan penilaian?
3. Apa yang dicapai dalam proses Evaluasi?
4. Dua hal yang menjadi karakteristik Evaluasi. Sebutkan dan Jelaskan.!
Dari semua tugas itu setelah dikumpulkan data dari berbagai sumber maka tercipta suatu kesimpulan :

Jawab 1. Evaluasi berasal dari bahasa Inggris yaitu Evaluation, Adalah sebuah proses sistematis untuk mencapai sebuah tujuan yangdi dalamnya mencakup objek, pengukuran, dan penilaian, Evaluasi juga bisa diartikan sebagai proses pengukuran tetapi tidak semua Evaluasi memerlukan pengukuran.

Jawab 2. Ada persamaan dan ada perbedaan. Keduanya yaitu proses pencapaian tujuan tetapi cara dan metodenya yang berbeda. Dalam evaluasi diperlukan pengukuran walau tidak semua evaluasi memerlukan pengukuran. Sedangkan di dalam pengukuran selalu ada evaluasi, evaluasi adalah sebuah proses pencapain yang sistematis, terprogram, terarah, dan di dalam proses sistematis ini terdapat proses penilaian dan data yang yang dihasilkan bisa kulaitatif juga bisa kuantitatif. Sedangkan pengukuran adalah suatu proses pencapaian yang memerlukan alat ukur dan ada suati benda sebagai objek yang diukur, sehingga menghasilkan data dalam bentuk angka (kuantitatif).

Jawab 3. Evaluasi untuk mencapai sebuah tujuan dan keberhasilan atau kesuksesandalam tujuan tersebut.

Jawab 4. Evaluasi tes dan evaluasi Non Tes
Evaluasi tesadalah suatu proses pencapaian tujuan yang dilaksanakan dengan teknik tes dan data yang dihasilkannya punadalah data mutlak hasil tes tersebut, bisa kualitatif dan bisa kuantitatif. Evaluasi tes meliputi tes lisan, tes tulisan dan perbuatan.
Sedangkan Evaluasi Non tes adalah suatu proses pencapaian yang dilakukan tanpa tes melainkan dengancara lain seperti observasi dan wawancara. Setelah mendapatkan datanya maka bisa menilainya baik secara kuaitatif maupun kuantitatif.

Semoga jawaban saya ini benar, ya walau gak benar semua minimal ada kata-kata yang pas dan masuk ke hati dosen. 

Saketi, 12 Desember 2014
Aan

0 komentar:

Posting Komentar